Universitas Kristen Indonesia

Menjadi universitas unggulan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat yang antisipatif dalam era globalisasi berdasarkan nilai-nilai kristiani

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita

Kalender

25 March 2017
MgSnSlRbKmJmSb
1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31

Senin (24/3), bertempat di Ruang Serbaguna Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pollitik Universitas Kristen Indonesia (FISIPOL UKI), Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) FISIPOL UKI bekerja sama dengan Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) menyelenggarakan Focused Group Discussion (FGD) dengan topik bahasan “ASEAN Community: Strengthening State Capacity and Engaging Civil Society”.

Diskusi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada seluruh Sivitas Akademika UKI mengenai upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah Indonesia dalam memasuki ASEAN Community dan bagaimana masyarakat dapat terlibat aktif di dalamnya, lalu mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kapasitas negara di tengah persaingan ekonomi masyarakat ASEAN, serta membangun kesadaran masyarakat sipil, khususnya para akademisi dan kaum inteligensia Kristen untuk terlibat aktif dalam ASEAN Community.

HMS_5642

Ketua Umum PIKI, Bakti Nendra Prawiro turut hadir dalam forum

Narasumber yang menjadi pembicara dalam FGD ini adalah Dr. Sri Yunanto, M.Si selaku Dosen Ilmu Hubungan Internasional UKI, Dr. Badikenita Putri, M.Si selaku Wakil Ketua Umum PIKI, Dr. Edy Siswoyo, M.A selaku Ketua Bidang Kerja sama antar Organisasi PIKI, dan Dr. Partosi Samosir selaku Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PIKI. Ketua Umum PIKI, Bakti Nendra Prawiro turut hadir dalam forum tersebut.

Angel Damayanti, M.Si, M.Sc., Pjs Dekan FISIPOL UKI menjadi moderator dalam forum ini. Ia berharap ada sesuatu yang real yang dapat disumbangkan melalui forum tersebut.

“Harapan kami ada modul yang bisa digunakan untuk menjadi panduan masyarakat sekitar, khususnya Kristiani dalam menghadapi ASEANCommunity,” ucap Angel.

Kepala P3M Fisipol UKI, Linda S. Paembonan, S.S., M.Si., dalam sambutannya menyatakan sangat gembira dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu yang hadir untuk bersama-sama membahas tema yang diangkat.

HMS_5672

Suasana FGD

“Harapan kita forum ini dapat menemukan sesuatu yang bermanfaat bagi kita semua. Bagi UKI tentu menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan bagi P3M untuk memperkokoh pembangunan bangsa. Semoga ini bisa terkomunikasi dengan baik dan bisa dipublikasikan,” harap Linda.

Woro, salah satu peserta FGD mengemukakan pendapatnya mengenai ASEAN Community, ‘Kita harus menghadapi ini bersama-sama, memperkuat Bhineka Tunggal Ika. Peran kita Inteligensia Kristen? Kekristenan tidak boleh melakukan kekerasan. Indonesia memiliki kekuatan dalam bidang Sosial Budaya, yaitu Perdamaian,” tutur Woro.

HMS_5641

Angel Damayanti, M.Si, M.Sc., Pjs Dekan FISIPOL UKI menjadi moderator dalam forum

Sedangkan menurut Siti Merida, Prodi HI UKI sudah jauh-jauh hari melakukan seminar tentang ASEANCommunity. “Jadi, bagaimana kita membantu pemerintah untuk menghadapi MEA ini. Orang Thailand sudah siap menghadapi MEA yang masuk secara sederhana, seperti memperkenalkan simbol setiap negara ASEAN, membuka kursus bahasa-bahasa negara ASEAN. Jadi, itu tanggung jawab kita sebagai lembag pendidikan. Peran PIKI adalah mendorong pengusaha-pengusaha Indonesia untuk meningkatkan keterampilan para pekerja,” ucap Siti.

Setelah kegiatan FGD ini diharapkan P3M Fisipol UKI bersama-sama dengan PIKI dapat menghasillkan: 1) monograf yang berisi tulisan tentang Peningkatan Kapasitas Pemerintah dan Pelibatan Masyarakat Sipil, khususnya para akademisi dan kaum inteligensia Kristen dalam ASEAN Community; 2) kerja sama kegiatan lanjutan yang berupa Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, khususnya para akademisi dan kaum inteligensia Kristen, dalam ASEAN Community dengan ketiga pilarnya (Ekonomi, Politik Keamanan, dan Sosial Budaya).

Login




Search



Pengunjung


Total Pengunjung:39198
Hari ini:35
Total Hit:99896

Link